JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI

FAKULTAS ILMU SOSIAL - UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Sungai Anteseden Oyo

  • DAM BOD

    Dam BOD yang terletak di dusun Bronggang terpenuhi oleh material piroklastik vulkan Merapi pada letusan tahun 2010.

  • Sungai Suci

    Observasi aliran sungai Suci yang merupakan sungai allogenik pada sistem karst Gunungsewu.

  • Puncak Nglanggeran

    Singkapan batuan Nglanggeran merupakan sisa vulkan purba yang terletak pada formasi Nglanggeran.

  • Parangtritis

    Pantai Parangtritis yang memiliki potensi tinggi untuk pengembangan pariwisata di Yogyakarta.

  • Candi Prambanan

    Candi Prambanan dilihat dari puncak bukit Boko.

Boleh dicuplik untuk referensi tetapi mohon mencantumkan nama penulis dan alamat URL sumber tulisan dalam web ini ("http://geo.fis.unesa.ac.id/web/......")

Kajian Perubahan Penggunaan Lahan, Status Pekerjaan Petani Dan Mobilitas Petani Di Rest-Area Dan Ring-Road Pada Jalan Tol Kertosono - Mojokerto Di Kabupaten Jombang

Megawasis Prihadinata, PC. Subyantoro, Ita Mardiani Zain, Murtedjo

ABSTRAK

Pembangunan akses jalan Tol Kertosono-Mojokerto menyebabkan sebagian petani kehilangan mata pencaharian dan terpaksa melakukan mobilitas keluar untuk mencari pekerjaan diluar pertanian (170 petani), uang ganti rugi pembebasan lahan dianggap keuntungan karena mendapat dana segar dengan jumlah besar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Besarnya perubahan lahan pertanian menjadi non pertanian, 2). Jenis pekerjaan lain yang dipilih oleh petani setelah pembangunan, 3). Besar pola mobilitas petani setelah adanya jalan Tol.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik lahan pertanian yang lahan pertaniannya sudah di bebaskan, jumlah sampel sebanyak 105 responden, di Kecamatan Kesamben, Tembelang, Megaluh, Perak diperoleh dengan menggunakan metode simple random sampling. Untuk memperoleh perubahan penggunaan lahan pertanian ke non pertanian, perubahan mata pencaharian responden dan perubahan besar pola mobilitas dilakukan wawancara, observasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian dari segi perubahan penggunaan lahan. Responden memilih pekerjan lain dari pada bertani, dan memilih melakukan mobilitas keluar wilayah, maupun dalam wilayah di luar kecamatan tempat tinggal di Kabupaten Jombang. Bila di urutkan, tahun 2007-2011 pengguna’an lahan pertanian ke non pertanian sebesar 2292.52 Ha atau 42,17%. perubahan penggunaan lahan pertanian pada 105 responden adalah sebesar 82658 M2 atau 48,30 % dan adanya lahan sisa di sekitar jalan tol, ringroad, rest area sebesar 1,7%, di lanjutkan perubahan mata pencaharian penduduk dari data sekunder sebesar 3.655 atau 39,25%, dari data survey jumlah responden setelah pembebasan lahan adalah sebagai petani 37 %, swasta 8 %, buruh 6 %, pedagang 48% dan perubahan pola mobilitas survey responden dari data jumlah responden yang sekarang ini bermata pencaharian di daerah lain memilih pola mobilitas sebagai berikut : ulang alik 49%, keluar daerah secara permanen 26 %, sementara atau kos 24% dari 105 responden. Responden memilih untuk keluar misalnya : propinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan atau pedukuhan paling banyak karena minimnya lapangan pekerjaan, dan memilih keluar untuk memenuhi kebutuhan finansial ekonomi sehari-hari tahun 2007-2011.

 

Kata kunci : Penggunaan lahan, perubahan mata pencaharian, pola mobilitas

 

Tentang Penulis:

Megawasis Prihadinata, NIM.084274207,Tgl Yudisium:31-01-2013, Jurdik Geografi – FIS – UNESA

Subyantoro PC, Pembimbing, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi – FIS – UNESA

Zain Ita  Mardiani, Penguji 1, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi – FIS – UNESA

Murtedjo, Penguji 2, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi – FIS – UNESA

 

Sitasi:

Prihadinata, M., Subyantoro, C.,P., Zein,I.M., Murtedjo, 2013. Kajian Perubahan Penggunaan  Lahan, Status Pekerjaan Petani Dan Mobilitas Petani Di Rest-Area Dan Ring-Road Pada Jalan Tol Kertosono -  Mojokerto Di Kabupaten Jombang. Skripsi. Jurdik Geografi, FIS, UNESA. Surabaya.

buku-buku